Pendidikan
senantiasa bersifat adaptif terhadap perkembangan yang terjadi di era teknologi dan informasi ini. Kecakapan abad 21 dipercaya
mampu membekali peserta didik menuju sukses dalam berkarir
di masa yang akan datang.
Kecakapan abad ke-21 atau dikenal dengan istilah 6C terdiri character
(karakter), citizenship
(kewarganegaraan), critical thinking (berpikir kritis), creativity
(kreatif), collaboration (kolaborasi), dan communication (komunikasi). Pendidikan matematika
sebagai bagian dalam sistem pendidikan memiliki
peran penting dalam mewujudkan kecakapan abad 21. Peran tersebut tidak lepas dari karakter matematika itu
sendiri yang secara tidak langsung menumbuhkembangkan
kecakapan abad 21 dalam aspek pembiasaan disiplin dalam menggunakan definisi atau teorema, berpikir kritis,
kreatif, kolaboratif, dan komunikatif dengan disiplin ilmu lainnya dalam memecahkan masalah.
Upaya
untuk mewujudkan kecakapan abad 21 dalam pembelajaran matematika dapat dilakukan mulai dari perencanaan,
pelaksanaan, hingga asesmen. Upaya tersebut
akan semakin maksimal jika didukung dengan penggunaan teknologi yang tepat. Adanya digitalisasi yang
memudahkan proses pendididkan menjadi daya
ungkit yang seharusnya insan akademik dapat memanfaatkannya dalam pembelajaran matematika untuk mewujudkan kecakapan tersebut. Literasi
digital merupakan bagian untuk mendukung kecakapan abad 21.
Mewujudkan
kecakapan abad 21 melalui literasi digital dalam pembelajaran matematika merupakan alternatif upaya
untuk mempersiapkan peserta didik di masa
depan. Operasionalisasi pembelajaran matematika dengan pendekatan ini perlu terus dilakukan mengingat kajian
dan penelitian empiris masih sangat terbatas. Hal ini menjadi
tantangan tersendiri bagi para pendidik
mata pelajaran matematika. Mencari solusi untuk mengatasi tantangan
tersebut merupakan tanggungjawab bersama. Oleh karena itu, Program
Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Galuh Ciamis memiliki
komitmen untuk mempersiapkan
peserta didik dan lulusan mahasiswa menjadi tenaga pendidik yang memiliki
kompetensi dibidang pendidikan matematika yang adaptif
terhadap berbagai situasi
dan kondisi. Seminar
nasional tentang pembelajaran matematika abad 21 berbasis literasi
digital ini merupakan
wujud nyata kontribusi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Galuh Ciamis untuk memajukan pendidikan di Indonesia.