GAMMA

GAMMA NATIONAL CONFERENCE 2021

"Penguatan Karakter dan Literasi Matematis Era Digital pada Pembelajaran Jarak Jauh"

        Situasi dan kondisi yang terjadi di era new normal sekarang ini menjadi tantangan tersendiri bagi peneliti, akademisi, dan praktisi di dunia pendidikan untuk tetap melakukan roda kegiatan kependidikannya. Berbagai upaya dilakukan supaya pendidikan di Indonesia tetap berjalan guna mewujudkan tujuan pendidikan Nasional. Pendidikan jarak jauh merupakan salah satu upaya yang dapat menjadi alternatif pelaksanaan pendidikan dalam kondisi new normal ini.

 

        Pendidikan jarak jauh mengondisikan pendidik dan peserta didik berada di tempat yang berbeda. Beragam teknologi komunikasi dan informasi dapat dipilih untuk memediasi keduanya untuk tetap saling berinteraksi. Teknologi di era digital dengan memaksimalkan fungsi internet ini sangat memudahkan kita untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Namun demikian, implementasi penggunaan teknologi komunikasi dan informasi tersebut masih perlu dimaksimalkan pemanfaatannya untuk keperluan pendidikan.

 

        Pendidikan lebih dari hanya sekedar menggunakan alat-alat komunikasi dan informasi. Penanaman karakter bagi peserta didik merupakan suatu prioritas untuk mewujudkan revolusi mental yang menanamkan dan mempraktekkan nilai-nilai religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Penguatan karakter ini bertujuan untuk membangun dan membekali peserta didik yang memiliki keragaman budaya dan potensi diri menyongsong generasi emas Indonesia Tahun 2045. Oleh karena itu, sudah seharusnya pendidik dan masyarakat memahami latar belakang, urgensi, dan konsep dasar penguatan pendidikan karakter.

 

        Karakter peserta didik yang sudah terbentuk dengan baik diharapkan dapat memberi kontribusi terhadap pemecahan masalah yang terjadi di lingkungan peserta didik. Banyak masalah yang memerlukan kemampuan  matematis untuk menyelesaikannya. Matematika dipandang sebagai puzzle untuk menyelesaikan permasalahan. Konteks masalah tersebut diformulasikan dan ditafsirkan dengan menggunakan berbagai konsep matematika. Kemampuan matematis yang diperlukan tersebut lebih spesifik disebut dengan literasi matematis.

 

        Hasil studi PISA Tahun 2018 yang dirilis oleh OECD pada tanggal 3 Desember 2019 menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik Indonesia pada literasi matematis masih dibawah rata-rata OECD. Skor rata-rata matematika peserta didik Indonesia mencapai 379  dari skor rata-rata OECD 487. Hasil ini tentunya menjadi PR besar bagi semua peneliti, akademisi, dan praktisi di area pendidikan matematika untuk melakukan penguatan terhadap literasi matematis peserta didik.


        Implementasi penguatan karakter dan literasi matematis dengan pembelajaran jarak jauh ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik mata pelajaran matematika. Mencari solusi untuk mengatasi tantangan tersebut merupakan tanggungjawab bersama. Oleh karena itu, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Galuh Ciamis memiliki komitmen untuk mempersiapkan mahapeserta didik dan lulusan menjadi tenaga pendidik yang memiliki kompetensi dibidang pendidikan matematika yang adaptif terhadap berbagai situasi dan kondisi. Seminar nasional tentang penguatan karakter dan literasi matematis di era digital pada pembelajaran jarak jauh ini merupakan wujud nyata kontribusi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Galuh Ciamis untuk memajukan pendidikan di Indonesia di era new normal ini.


Klik jika ingin daftar

Register Now