Pendidikan
senantiasa bersifat adaptif terhadap perkembangan yang terjadi di era teknologi dan informasi ini. Kecakapan abad 21 dipercaya
mampu membekali peserta didik menuju sukses dalam berkarir
di masa yang akan datang.
Kecakapan abad ke-21 atau dikenal dengan istilah 6C terdiri character
(karakter), citizenship
(kewarganegaraan), critical thinking (berpikir kritis), creativity
(kreatif), collaboration (kolaborasi), dan communication (komunikasi). Pendidikan matematika
sebagai bagian dalam sistem pendidikan memiliki
peran penting dalam mewujudkan kecakapan abad 21. Peran tersebut tidak lepas dari karakter matematika itu
sendiri yang secara tidak langsung menumbuhkembangkan
kecakapan abad 21 dalam aspek pembiasaan disiplin dalam menggunakan definisi atau teorema, berpikir kritis,
kreatif, kolaboratif, dan komunikatif dengan disiplin ilmu lainnya dalam memecahkan masalah.
Upaya
untuk mewujudkan kecakapan abad 21 dalam pembelajaran matematika dapat dilakukan mulai dari perencanaan,
pelaksanaan, hingga asesmen. Upaya tersebut
akan semakin maksimal jika didukung dengan penggunaan teknologi yang tepat. Adanya digitalisasi yang
memudahkan proses pendididkan menjadi daya
ungkit yang seharusnya insan akademik dapat memanfaatkannya dalam pembelajaran matematika untuk mewujudkan kecakapan tersebut. Literasi
digital merupakan bagian untuk mendukung kecakapan abad 21.
Mewujudkan kecakapan abad 21 melalui literasi digital dalam pembelajaran matematika merupakan alternatif upaya untuk mempersiapkan peserta didik di masa depan. Operasionalisasi pembelajaran matematika dengan pendekatan ini perlu terus dilakukan mengingat kajian dan penelitian empiris masih sangat terbatas. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik mata pelajaran matematika. Mencari solusi untuk mengatasi tantangan tersebut merupakan tanggungjawab bersama. Oleh karena itu, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Galuh Ciamis memiliki komitmen untuk mempersiapkan peserta didik dan lulusan mahasiswa menjadi tenaga pendidik yang memiliki kompetensi dibidang pendidikan matematika yang adaptif terhadap berbagai situasi dan kondisi. Seminar nasional tentang pembelajaran matematika abad 21 berbasis literasi digital ini merupakan wujud nyata kontribusi Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Galuh Ciamis untuk memajukan pendidikan di Indonesia.